9 ide menyiasati desain dapur berukuran kecil mungil

Mahalnya lahan di perkotaan merupakan faktor utama yang membuat pemilik rumah harus berhati hati dalam mempertimbangkan prioritas kebutuhan ruangnya. Banyaknya kebutuhan ruang yang diinginkan tidak semua akan tercukupi dalam desain sebuah rumah tinggal. Hal ini mengakibatkan kita harus pandai menyiasati bagaimana agar ruangan yang kecil bisa mewadahi segala aktivitas kita. Pada kesempatan ini kita akan membahas lebih fokus pada area dapur yang kecil mungil, karena dapur merupakan ruangan yang banyak sekali mewadahi peralatan yang kecil kecil dan kalau tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan kesan yang berantakan sehingga tidak berfungsi dengan baik.

1. Pengguanan rak yang efisien

Rak merupakan tempat untuk menyimpan perkakas dapur agar tertata dengan baik. Kita tidak ingin perabot tertata tidak rapi sehingga merusak pemandangan pada dapur. Untuk itu pilihlah model rak yang sesuai dengan peralatan yang diwadahi. Pemilihan rak yang tepat akan membuat peralatan dapur seperti panci, penggorengan, sendok, dan lain lain lebih tertata dengan baik.

thestyleindex.com

2. Pemilihan layout yang tepat

Layout atau denah dapur perlu dipilih sesuai dengan kondisi ruangan yang kita punya. Pada dapur yang berukuran kecil mungil biasanya layout yang sering digunakan adalah layout huruf L atau I. Hal ini karena layout ini bisa beradaptasi dengan mudah dengan kondisi ruangan. Hindari layout dengan model peninsula atau island karena layout ini cocok untuk ruang yang berukuran besar saja.

extraspace.com

3. Penggunaan warna cerah dan ringan

Warna yang cerah dan ringan akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang. Hindari meletakkan terlalu banyak permainan warna pada area dapur yang ukurannya kecil. Selain berkesan lapang penggunaan warna yang cerah dan ringan seperti warna putih akan membuat ruangan terasa lebih bersih juga.

autumrainn.com

4. Manfaatkan area kosong pada dinding

Area kosong pada dinding bisa kita gunakan sebagai rak tempat meletakkan perabot dapur. Daripada dibiarkan kosong akan lebih bermanfaat jika digunakan dengan sebaik baiknya, hal ini akan mengurangi kebutuhan ruangan pada rak bagian dapur sehingga bisa digunakan sebgai tempat menyimpan barang lainnya. Sebagian perabot bisa diletakkan pada rak yang menempel pada dinding, pilihlah perabot yang tetap berkesan rapi walau terlihat dari luar.

kitchenideas3.blogspot.com

5. Penggunan kabinet pada bagian atas dinding dapur

Jika terdapat area yang cukup lebar di bagian dinding dapur bagian atas, bisa dimanfaatkan sebagai kabinet yang menempel pada dinding. Akan lebih baik jika kita membuatnya secara custom pada sehingga desainnya bisa menyesuaikan dengan tema desain rumah yang ada di rumah kita.

nestingwithgrace.com

6. Coffe table sebagai pengganti ruang makan

Ruang makan bisa kita ganti dengan sebuah coffe table yang bisa digunakan pada aktivitas makan. Hal ini bisa membuat kita menghemat tidak menggunakan ruang makan yang mana membutuhkan ruangan yang cukup lebar. Coffe table yang menyatu pada dapur merupakan pilihan yang tepat sebagai alternatif pengganti ruang makan.

home-designing.com

7. Gunakan meja tersembunyi

Contoh meja di bawah merupakan item yang cukup bagus dalam menyiasati dapur yang berukuran kecil. Meja tersebut pada digunakan sebagai tempat untuk memotong bahan makanan atau bumbu dapur, terbuat dari kayu solid agar aman bagi alat pemotong kita agar tidak cepat tumpul. Pada saat tidak digunakan, meja tersebut bisa disembunyikan sehingga tidak menggangu aktivitas kita.

bestdiylists.com

8. Organisasi barang yang baik

Agar lebih rapi dan memudahkan kita dalam beraktivitas, organisasi barang barang yang ada di dapur perlu dilakukan dengan baik. Kita bisa menyisati dengan menggunakan rak khusus untuk barang tertentu. Misalnya saja bumbu kita jadikan satu rak, piring dan mangkuk kita buat rak lain, dan lain lain. Dengan pemisahan barang barang yang berada didapur akan memudahkan pengguna dalam beraktivitas pada dapur.

goodhousekeeping.com

9. Pencahayaan yang baik

Dengan pencahayaan yang baik, dapur yang kecil akan terlihat lebih bagus dan lebih luas. Kita bisa membuat pencahayaan yang unik misalnya saja dengan menggunakan lampu spot yang berada pada plafond dapur. Pemberian lampu sorot pada bagian bawah kabinet juga akan membuat desain dapur lebih baik.

home-designing.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *