9 tips desain kolam ikan di belakang rumah

Untuk menambah keasrian halaman rumah, kolam ikan sering digunakan sebagai pelengkap pada taman rumah. Adanya kolam ikan menambah faktor rekreatif pada sebuah hunian sehingga semakin nyaman untuk ditinggali. Penghuni akan mendapatkan view yang menarik saat berada di taman, dengan melihat indahnya kolam ikan akan membuat otak kita menjadi lebih fresh dari kepenatan dan rutinitas sehari hari. Faktor pertama yang sering menjadi persoalan adalah keterbatasan lahan, karena saat ini harga lahan di perkotaan semakin mahal maka desain kolam ikan biasanya hanya menyesuaikan lahan yang tersisa. Seberapapun ukuran lahan belakang rumah anda, 9 tips berikut semoga saja bermanfaat sebagai inspirasi dalam desain kolam ikan di belakang rumah anda.

1. Gunakan susunan batu alami pada kolam ikan berukuran luas

Jika lahan cukup luas susunan batu kali merupakan material yang lebih berkesan natural. Susunan batu kali sebagai tepian kolam akan memberikan kesan yang lebih dekat dengan alam, sehingga faktor rekreatif pada kolam ikan lebih menonjol sehingga nampak lebih asri. Namun jika ukuran lahan anda cukup kecil, kolam dari semen merupakan alternatif karena lebih mudah dalam pembentukaannya dan berkesan lebih rapi.

hometalk.com

2. Pakai jembatan kayu

Penambahan sebuah jembatan kayu akan semakin menambah keindahan kolam ikan anda. Elemen arsitektur ini bisa menambahkan nilai estetika dan bisa digunakan sebagai tempat nongkrong atau menyeberang kolam ikan. Namun penggunaan jembatan kayu ini lebih disarankan pada kolam yang berukuran luas, jika ukuran kolam terlalu kecil penggunaan jembatan kayu akan menambah kesan yang sempit pada kolam ikan anda.

countryliving.com

3. Penggunaan besi strimin sebagai pengaman

Keamanan merupakan aspek utama dari penggunaan besi strimin sebagai tutup kolam. Apabila dirumah terdapat anak kecil maka penggunaan besi strimin merupakan pilihan yang tepat. Besi strimin ini akan mencegah anak anda tercebur ke dalam kolam pada saat bermain. Agar tidak terlalu mengganggu pemandangan warna gelap lebih direkomendasikan dari pada penggunaan warna yang terlalu mencolok.

elitepondcovers.co.uk

4. Gunakan tanaman terapung

Agar terlihat lebih alami, penggunaan tanaman apung pada permukaan kolam ikan akan menambah suasana alami pada kolam. Selain itu penggunaan tanaman apung juga akan menjaga suhu air tetap dingin pada siang hari, hal ini akan baik pada kesehatan ikan sehingga tidak gampang mati karena suhu yang terlalu tinggi.

hgtv.com

5. Pembuatan air terjun buatan

Suara gemericik air akan membuat suasana menjadi lebih rilek cocok untuk duduk menikmati suasana di taman untuk sekedar melepas penat atau sewaktu kita sedang mencari ide baru. Suasana seperti ini bagus bagi anda yang tinggal diperkotaan dengan padatnya jam kerja serta deretan kesibukan yang menguasai diri kita dalam kehidupan sehari hari. Selain itu air terjun buatan juga berfungsi sebagai sarana untuk memasukan oksigen kedalam air kolam sehingga ikan akan dapat bernafas dengan baik.

heffernanlandscapedesign.com

6. Lantai kayu untuk menambah kesan natural

Pada tepi kolam akan cocok sekali jika kita gunakan material berupa lantai kayu sebagai bahan penutup kayu. Dengan adanya bahan yang bersifat alami seperti ini, area duduk yang berlanti kayu lebih berkesan lebih natural dari penggunaan bahan material lain. Namun karena peletakkannya yang berada di luar ruangan, diperlukan kualiatas lantai kayu yang tinggi. Lantai kayu yang berbahan kayu ulin merupakan material yang paling cocok di gunakan pada area out door.

backyardboss.net

7. Gazebo sebagai area duduk

Agar acara nongkrong di taman semakin nyaman, gazebo bisa digunakan sebagai area tempat duduk menikmati suasana di taman belakang rumah kita. Usahakan material yang digunakan pada pembuatan gazebo ini serasi dengan elemen di sekitarnya. Misalnya saja seperti gambar di bawah gazebo terbuat dari bahan kayu dan beratap terpal, hal ini cocok dengan desain kolam yang bertepian lantai kayu dengan bantal lembut di atas tempat duduknya.

archzine.fr

8. Penggunaan jalan setapak

Jalan setapak sering digunakan pada taman rumah, memang jalan setapak bisa menambah keindahan taman. Hal ini juga bisa diterapkan pada kolam ikan anda, penggunaan jalan setapak pada kolam akan semakin membuat kolam ikan semakin cantik. Jalan setapak ini juga bisa berfungsi sebagai tempat kita melihat lihat ikan hias lebih dekat dari pada hanya memandangnya dari kejauhan.

smilinggardener.com

9. Penggunaan koral putih

Koral putih dapat ditambahkan sebagai elemen pemanis kolam ikan, koral putih bisa ditaburkan pada pinggiran kolam. Selain berfungsi sebagai elemen yang mempecantik kolam, koral putih juga berfungsi sebagai perkerasan pada tanah. Area yang ditaburi koral putih akan menjadi keras tidak becek saat dilewati, selain itu kesan alami juga akan lebih didapatkan.

zenideen.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *