Jasa Arsitek Bantul Jogja Rumah Bapak Nandar

Bapak Nandar adalah seorang teman yang bekerja di Universitas Negeri Yogyakarta, pada saat itu dia telah membeli sebidang tanah yang lokasinya berada di Piyungan, Bantul, Jogja. Lokasi tanahnya lebih rendah dari jalan raya, sehingga memerlukan pemikiran yang lebih tentang bagaimana agar bangunan rumah tinggal ini memiliki fungsional yang bagus, dengan biaya pengurugan yang minim.

Desain akhir dari bangunan ini adalah memilih solusi split level, untuk meminimalkan biaya pengurugan tanah sedangkan tampak bangunan tetap elegan. Pada bagian belakang rumah ini diurug sebagian sedangkan pada area depan rumah di dak menjadi dua lantai. Style bangunan menggunakan style tropis, dengan banyak bukaan atau ventilasi sehingga rumah akan tetap nyaman walaupun tanpa air conditioner ( AC ). Finsihing menggunakan kombinasi antara batu alam, cat warna grey dan putih, serta beberapa plester kamprot di beberapa titik.

Pada bagian belakang digunakan sebagai garasi, ruang makan dan satu buah kamar tidur. Sebelah belakang rumah ini adalah sungai, untuk memaksimalkan view ke belakang dibuat sebuah open area yang bisa digunakan untuk duduk santai di pagi atau sore hari ketika cuaca sedang bagus. Area belakang ini juga bisa digunakan sebagai acara bakar bakar untuk mengisi waktu ketika bosan di dalam rumah.

Pada area lantai depan yang berada di bawah digunakan sebagai ruang tidur, satu buah gudang dan ruang keluarga. Pencahayaan pada area gudang tidaklah cukup banyak mengingat letaknya yang dibawah. Sedangkan pada ruang keluarga memiliki cukup pencahayaan dari sebelah jalan menurun carpot dan satu lagi ventilasi di dekat kamar mandi. Terdapat satu buah kamar mandi agar pada saat berada di ruang keluarga tidak berjalan terlalu jauh.

Pada area lantai dua atau lantai yang sejajar dengan jalan, sebagian besar digunakan sebagai jalan untuk ke garasi. Jalan menurun ini berukuran lebar tiga meter dengan panjang 11 meter. Area ini digunakan sebagai jalan mobil ketika ingin masuk ke garasi. Pada area ini juga terdapat teras yang mempunyai pintu masuk menuju ruang tamu. Area lainnya digunakan sebagai kamar tidur dan kamar mandi. Terdapat void yang merupakan rongga menerus dari lantai satu ke lantai dua untuk membuat pencahayaan alami secara maksimal masuk ke dalam ruangan sehingga tidak diperlukan pencahayaan buatan dari lampu pada siang hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *